Program KotaKu di Parangbanoa Dapat Suntikan Dana Rp1 M

Kamis, 27 Mei 2021 19:15

GOWA,REWAKO.ID – Peletakan Batu Pertama Program Padat Karya Kota Tanpa Kumuh (KotaKu) 2021, di Kelurahan Parangbanoa, Kecamatan Pallangga, Gowa, Kamis (27/5/2021). Program ini dapat suntikan dana Rp1 Miliar.

Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Gowa, Muh Irwan yang hadir mewakili Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan mengatakan, Padat Karya merupakan bagian dari Program Kotaku yang dilaksanakan secara nasional yang menjadi tanggungjawab bersama dan menjadi kolaborasi atau basis penanganan kawasan kumuh.

Pada tahun 2020 yang lalu program Bantuan Kemasyarakatan telah dilaksanakan dengan baik dan manfaatnya telah dirasakan oleh warga ditengah- tengah pandemi Covid-19. Masyarakat perlu disupport agar tidak terlalu larut dalam situasi ini.

“Makanya pemerintah daerah juga tetap menganggarkan dalam program replikasi KotaKu untuk 4 kelurahan di Kecamatan Somba Opu walaupun dengan anggaran yang sangat terbatas pada tahun 2020 lalu,” kata Irwan.

Irwan mengatakan, Penyelenggaraan kawasan pemukiman baik di perkotaan maupun di pedesaan bertujuan memenuhi hak warga negara atas tempat yang layak dalam lingkungan yang sehat. Aman, serasi dan teratur, serta menjamin ketersediaan tempat bermukim.

“Pelaksanaan kegiatan ini diharapkan dapat mendukung penghidupan yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat di Kelurahan Parangbanoa ini,” ujar Irwan.

Sehingga kata Irwan, Masyarakat Parangbanoa harus bangga tahun ini merupakan tahun kedua yang menjadi satu-satunya kelurahan di Kabupaten Gowa yang mendapat bantuan pemerintah untuk masyarakat sebesar 1 Miliar rupiah.
Maka dari itu dana tersebut harus dimanfaatkan sebaik-baiknya.

“Harus dimanfaatkan sebaik-baiknya, jangan cuma mengejar kuantitas tapi kualitas harus tetap di jaga. Sehingga harapan kita untuk dapat mengurangi kawasan kumuh Kabupaten Gowa terus mengangkat taraf hidup dan kesehatan masyarakat dapat tercapai,” terang Irwan.

Sementara itu, Koordinator Kota Tanpa Kumuh Wilayah IV, Nurlia Ruma mengatakan jika pembangunan di Kelurahan Parangbanoa ini sebanyak empat item. Diantaranya, pembangunan Drainase, Pembangunan Jalan, Sarana air bersih di tiga titik, dan juga persampahan.

“Di lingkungan Parangbanoa, Palaraka, dan Tattakang. Kemarin kita baru saja menyelesaikan di lingkungan Berua,” kata Nurlia Ruma.

Pengerjaan ini kata Nurlia akan berlangsung selama tiga bulan kedepan terhitung sejak Senin 24 Mei 2021.

Dalam Giat Padat Karya ini dihadiri Tenaga Ahli Komisi V DPR RI Lukman, Kepala Satker Provinsi Sulsel, Abd Malik, Tim Leader OSP 9, Kalla Manta.(*)

Editor : Bahar Hardin

Penulis : Afrilian Cahaya Putri