Ratusan Personil TNI-Polri Amankan Kamis Putih dan Jumat Agung di Gereja di Gowa

Rabu, 31 Maret 2021 13:49

GOWA,REWAKO.ID – Polres Gowa menurunkan sekitar 100 personil pengamanan di sejumlah Gereja di Gowa. Pengamanan dilakukan Jelang Kamis Putih dan Jumat Agung pada 1-2 April 2021.

Kapolres Gowa, AKBP Budi Susanto mengatakan, pengamanan di tempat ibadah kerap kali diperketat. Hal ini dilakukan jauh sebelum terjadinya insiden Bom Bunuh Diri di Gereja Katedral, Kota Makassar.

“Untuk kegiatan pengamanan jelang kamis putih dan jumat agung yang mana dilaksanakan oleh saudara kita yang nasrani biasanya memang dari unsur Polri-TNI dan unsur terkait melakukan pengamanan bersama kegiatan tersebut bukan hanya karena ada kejadian bom di Makassar saja,”

Pengamanan ini dilakukan sebagai upaya menjaga saudara yang berlainan agama dan juga sebagai bukti toleransi beragama .

“Tapi bagi kami Bhabinkamtibmas, Bhabinsa itu sudah jadi kegiatan rutin yang mana kegiatan tersebut dilakukan semata-mata untuk menjaga saudara-saudara kita yang berlainan agama untuk bagaimana kita toleransi disetiap kegiatan yang ada,” ujar Kapolres Gowa.

Terpisah, Dandim 1409 Gowa, Letkol Arhanud Muh Suaib mengatakan, pihaknya terus berkoordinasi dengan Polres terkait berapapun kekuatan personil yang dibutuhkan.

Namun untuk pengamanan pada Kamis putih dan Jumat Agung, sekiranya 60 personil yang dikerahkan dari TNI.

“Kita tetap mengikuti prosedur dari pihak Polres terkait mekanisme pengamanannya. Kalau Kodim sendiri itu yang dikerahkan sekitar 60 Personil,” kata Dandim Gowa.(*)

Editor : Bahar Hardin

Penulis : Afrilian Cahaya Putri