Ribuan Jamaah Ikut Shalat Gerhana di Masjid Agung Syekh Yusuf

Rabu, 26 Mei 2021 21:09

GOWA,REWAKO.ID – Ribuan jamaah ikut shalat gerhana bulan di Masjid Agung Syekh Yusuf, Sungguminasa, pada Rabu (26/5/2021) sekitar pukul 20.30 Wita.

Dalam shalat gerhana ini dihadiri olehBupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan Yasin Limpo, Wakil Bupati (Wabup) Gowa, Abd Rauf Malaganni, serta sejumlah pejabat di lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab Gowa).

Kepala Dinas Sosial Gowa, H. Syamsuddin Bidol mengatakan, sebelum pelaksanaan Shalat Gerhana Bulan atau kusuf terlebih dahulu akan dilakukan pemantauan di pelataran Masjid Agung Syekh Yusuf.

“Ini untuk melihat apakah gerhana sudah mulai baru kita laksanakan shalat. Dan mungkin kita laksanakan dulu shalat Isya sebelum Shalat Gerhana Bulan,” kata H. Syamsuddin saat dikonfirmasi.

Setelah itu kata H. Syamsuddin Bidol, akan dilanjutkan dengan khutbah Gerhana yang akan dibawakan oleh salah seorang Akademisi Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar, Ketua Asosiasi Dosen Ilmu Adab Se-Indonesia, Prof Barsihan Noor.

“Sementara untuk imam Shalat Gerhana yaitu Ust. H. Muh. Sadli Musthafa, beliau Peneliti Balitbang Agama Makassar & Pembina Ponpes Tahfidz Al Quran Al Imam Ashim Makassar & Pembina Ponpes Nadhatul Qurra Wal Huffaz Pannampu Makassar,” lanjutnya.

Selain itu, pelakasanaan Shalat Gerhana Bulan ini akan tetap menerapkan Protokol Kesehatan, seperti menjaga jarak, jemaah wajib memakai masker dan sebelum masuk mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer.

“Ini tetap kita laksanakan, karena ini sudah menjadi protap di Masjid Agung Syekh Yusuf Gowa. Kami juga mengajak seluruh imam-imam untuk melaksanakan Salat Gerhana di masjid masing-masing dan memperbanyak dzikir,” harapnya.(*)

Editor : Bahar Hardin