Rudenim Makassar Gelar Pelatihan Pengungsi dari Luar Negeri

Kamis, 08 Oktober 2020 16:21

MAKASSAR,REWAKO.ID – Inovasi layanan muncul sebagai salah satu bentuk komitmen instansi pemerintah untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pengguna layanan.

Sejalan dengan itu, Rudenim Makassar (Rumah Detensi Imigrasi) melakukan sosialisasi beberapa inovasi layanan bagi pengungsi luar negeri di Kota Makassar, pada Kamis (8/10/2020).

Kegiatan ini diikuti oleh lima puluh pengungsi yang terbagi di dua wisma pengungsi, yaitu Pondok Nugraha yang berlokasi di Jl. Daeng TataI Blok 4F no 88, dan Wisma MSM 1 yang beralamat di Jl. Tidung X Lr 7 No. 63.

Adapun inovasi layanan yang disosialisasikan, yaitu : 1. Si-Raka Japri (Jemput Aduan Pengungsi Rudenim); 2. Si-Raka Labirin (Aplikasi Perbaikan Rudenim) ; 3. Si-Raka Damai (Daftar Pengungsi Mandiri; dan 4. Si-Raka Rapelan (Tera Stempel Bulanan).

“Keseluruhan inovasi berbasis Google Drive dan satunya berbasis aplikasi, diharapkan akan memudahkan pengungsi sebagai penerima layanan, utamanya terkait pengaduan atau laporan, mereka tak perlu lagi untuk datang ke Rudenim, cukup laporkan lewat Japri,” ujar Karudenim Makassar Togol Situmorang.

Selain sosialisasi inovasi layanan, juga penekanan dari Togol, bahwa pengungsi harus menjaga jarak dan dihimbau untuk tetap memperhatikan protokol kesehatan, juga ditambahkan bahwa Rudenim Makassar akan bertindak tegas dengan menempatkan pengungsi di Rudenim apabila mereka mengendarai sepeda motor atau mobil tanpa memiliki Surat Izin Mengemudi.

Editor : Bahar Hardin

Penulis : Memed