Sekolah Tatap Muka Ditunda Hingga September, Vaksinasi Guru 90 Persen

Selasa, 06 Juli 2021 11:00

GOWA,REWAKO.ID – Terkait Surat Edaran Plt Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman tentang perpanjangan masa belajar di rumah pada perguruan tinggi, satuan pendidikan SMA/SMK/MA, SMP/Mts, Sederajat, SD/MI dan SLB Negeri dan Swasta se Sulawesi Selatan, Bupati Gowa, Adnan Purichta juga tengah mempertimbangkan kebijakannya untuk membuka kembali sekolah tatap muka.

Kepada Rewako.id Bupati Adnan mengaku, Gowa prinsipnya sudah siap melaksanakan sekolah tatap muka. Namun dengan melonjaknya kembali kasus Covid-19 yang cukup signifikan sehingga pihaknya akan mempertimbangkan kembali tentu dengan mengikuti kebijakan Pemerintah Provinsi.

“Prinsipnya kita sudah siap sekolah tatap muka, tetapi karena menuju ke sekolah tatap muka itu terjadi kenaikan kasus covid yang cukup signifikan jadi kita sekali lagi akan mempertimbangkan dan juga pasti kita akan mengikuti apa yang menjadi kebijakan pemerintah provinsi,” kata Adnan. Selasa (6/7/2021).

Kebijakan pemerintah ini kata Adnan sebagai kebijakan Nasional mempertimbangkan maraknya dan naiknya Kasus Covid-19 disejumlah wilayah saay ini.

“Saya rasa itu juga menjadi kebijakan nasional pertimbangan maraknya dan naiknya kasus Covid-19,” ujarnya.

Hingga saat ini Presiden selalu menyampaikan di setiap pertemuan juga melalui Menteri Dalam Negeri (Mendagri) terkait teori gas dan rem.

“Apa itu gas dan rem? Jika angka Covid melandai, maka mari gas kembali aktivitas, toko-toko kembali dibuka, tempat nongkrong buka, supaya kembali perputaran ekonomi. Namun jika angka covid-19 kembali melonjak drastis, maka seluruh aktivitas perlu di rem,” terang Adnan.

Karena saat ini kondisi kasus terkonfirmasi Covid-19 meningkat, maka seluruh aktivitas masyarakat kembali di rem. Hal ini untuk mengurangi resiko-resiko yang kemungkinan dapat terjadi.

Bupati Adnan mengaku tidak ingin mengambil resiko dengan mempertaruhkan nyawa karena diberlakukannya kembali sekolah tatap muka. Sementara vaksinasi Covid-19 untuk guru dan tenaga pendidik lainnya sudah mencapai angka 90 persen.

Diketahui, sebelumnya Bupati Gowa Adnan Purichta meminta sekolah tatap muka dilakukan pada Juli ini. Namun dengan adanya surat edaran Plt Gubernur maka sekolah tatap muka diGowa akan dipertimbangkan kembali.(*)

Editor : Bahar Hardin

Penulis : Afrilian Cahaya Putri