Tahun Ini Ratusan Calon Jamaah Haji Gowa Batal ke Tanah Suci

Sabtu, 05 Juni 2021 15:51

GOWA, REWAKO.ID- Kementerian Agama (Kemenag) Gowa memastikan Calon Jamaah Haji tahun 2021 batal diberangkatkan ke tanah suci.

Sebagaimana diketahui, kuota Jamaah Haji Kabupaten Gowa tahun ini Sebanyak 598 orang. Pembatalan Calon Jamaah Haji merupakan kali kedua pasca Pandemi Covid-19 melanda dunia.

Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kabupaten Gowa, Tajuddin mengatakan, persiapan seluruh calon Jamaah Haji asal Gowa ini telah rampung.

Sayangnya, Pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) RI menyampaikan bahwa pelaksanaan ibadah haji 1442 Hijriah/2021 Masehi dibatalkan.
Sehingga, CJH asal Gowa pun turut tidak bisa ke tanah suci untuk kali kedua.

“Jadi jamaah haji di Kabupaten Gowa itu sebenarnya sudah siap diberangkatkan smua seandainya ada pemberangkatan, karena semua persyaratan-persyaratan sudah dipenuhi oleh jamaah haji yang bersangkutan,” kata Tajuddin. Sabtu (5/6/2021).

Kepada Rewako.id, Tajuddin menjelaskan jika tertundanya pemberangkatan Haji untuk tahun ini dinilai menjadi kebijakan terbaik, mengingat Indonesia saat ini masih dalam Pandemi Covid-19. Hal ini sebagai upaya menyelamatkan masyarakat Gowa khususnya dari wabah Virus Corona.

“Upaya yang diambil pemerintah pusat ini memang baik guna menyelamatkan seluruh jamaah dari penularan Covid-19 yang masih mewabah di hampir seluruh belahan dunia,” terangnya.

Kemenag Gowa pun akan segera menginformasikan terkait pembatalan pemberangkatan haji tahun ini.

“Kami akan segera menginformasikan terkait pembatalan pemberangkatan jamaah haji tahun ini kepada masyarakat,” pungkasnya.

Laporan: Afrilian Cahaya Putri

Editor : Bahar Hardin

Penulis : Afrilian Cahaya Putri