Tingkatkan Level APIP, 45 Auditor Inspektorat Gowa Ikut Workshop Manajemen Risiko

Rabu, 19 Mei 2021 14:54

GOWA,REWAKO.ID – Sebanyak 45 auditor Inspektorat Gowa mengikuti Workshop Manajemen Risiko, di Hotel Traveller Phinisi Makassar, Rabu (19/5/2021).

Penjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Gowa, Dra Kamsina saat ditemui pasca membuka workshop mengatakan, jika manajemen risiko ini digelar untuk memback up Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) yang ada di Inspektorat Kabupaten Gowa di lapangan.

APIP sendiri adalah instansi pemerintah yang mempunyai tugas dan fungsi pokok melakukan pengawasan.

“Kalau kita berbicara persoalan manajemen resiko ini dilaksanakan untuk memback up seluruh auditor di Inspektorat karena persoalan workshop Manajemen Risiko ini banyak mempengaruhi kegiatan lain,” kata Pj Sekda Gowa.

Untuk menaikkan level APIP, Pj Sekda mengatakan perlu dibekali dengan manajemen risiko mengingat seluruh kegiatan apapun pastik memiliki dampak risiko.

“Khusus di Inspektorat APIP itu untuk bisa naik level berikutnya dibekali dengan manajemen resiko ini karena seluruh kegiatan Apa saja yang dilakukan pasti berdampak ke resiko,” kata Dra Kamsina.

Dra Kamsina mengatakan jika seluruh Auditor harus dibekali dengan kehati-hatian, dalam mengambil langkah dan memperhatikan objek apapun dalam melakukan pengawasan. Dra Kamsina mengaku dalam menentukan sesuatu tidak semudah apa yang kita harapkan. Jangan sampai sudah dikeluarkan keputusan tapi manajemen yang digunakan tidak bagus sehingga salah dalam hal menentukan majemen risiko.

“Berbicara persoalan risiko kita harus hati-hati dalam melihat sesuatu. Seluruh Auditor di Inspektorat ini pasti membekali dirinya dengan kehati-hatian dalam melangkah dan memperhatikan juga saat menentukan sesuatu karena tidak semudah apa yang kita harapkan,” Ujarnya.

Menurut Dra Kamsina selama ini penerapan Manajemen risiko di Gowa sudah berjalan dengan baik. Hanya perlu dibekali lagi dengan ilmu yang lebih sempurna untuk para Auditor Inspektorat.(*)

Editor : Bahar Hardin

Penulis : Afrilian Cahaya Putri