Webinar Basindo FBS UNM Dibuka, Sukardi Weda: Di Tengah Pandemi, JBSI UNM Tetap Menggeliat

Sabtu, 29 Agustus 2020 18:26

MAKASSAR,  REWAKO. ID—– Dewan Mahasiswa (DEMA) Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia (JBSI) FBS UNM berhasil menggelar Webinar Nasional bertajuk “Pendidikan dalam revitalisasi bahasa, budaya, dan sastra di era normal baru,” yang dibuka oleh Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan dan Alumni UNM, Dr Sukardi Weda, Sabtu, 29/8/2020.

Hadir dalam Webinar tersebut, pimpinan UNM, yakni Prof Dr Hasnawi Haris M Hum dan Dr Sukardi Weds, pimpinan FBS UNM, Pimpinan Jurusan PBSI, para Ketua Prodi di lingkungan JBSI FBS UNM, dan dosen JBSI FBS UNM, mahasiswa, guru, siswa, pemerhati bahasa dan pendidikan.

Amastasha yang juga Ketua Umum DEMA JBSI FBS UNM, dalam sambutannya mengatakan bahwa ada tiga kata kunci dalam webinar ini, yakni bahasa, budaya, dan sastra di era new normal (Normal baru).

Dalam sambutannya mewakili Dekan FBS, Dr Azis M Pd, yang juga WD 3 FBS UNM berharap Webinar Basindo ini yang telah menjadi event tahunan serta wajib bagi mahasiswa JBSI FBS UNM perlu didukung sepenuhnya.

“Semoga kegiatan ini memberikan manfaat, sehingga para peserta dapat memperoleh ilmu dari para pakar yang hadir,” harapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Dr Azis menyampaikan apresiasi kepada pimpinan UNM, yakni Rektor dan para Wakil Rektor yang telah mendukung sepenuhnya kegiatan Webinar ini.
Dr Azis juga tak lupa memberikan apresiasi kepada para nara sumber yang akan berbagi ilmu pengetahuan dalam Webinar ini.

Dalam sambutannya, Sukardi Weda sangat mengapresiasi kegiatan Webinar yang dihelat oleh DEMA JBSI FBS UNM masa bakti 2019 – 2020, yang diketuai oleh Amastasha.

Sukardi Weda menambahkan bahwa meskipun di era pandemi Covid-19, JBSI FBS UNM tetap menggeliat untuk melaksanakan event tahunan ini, meskipun diadakan secara daring, dan alhamdulillah dihadiri sekitar 300 orang peserta dari berbagai wilayah di Indonesia, seperti dari Aceh, dan lain-lain.

Nara sumber dalam Webinar ini adalah Prof Dr H Hasnawi Haris M Hum, yang juga Wakil Rektor 1 UNM, Prof. Maman S Mahayana, S S M Hum, yang juga Guru Besar Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia (UI), dengan makalah bertajuk: Menerka Sastra dan Konflik Ideologi sebagai Upaya Merefleksi Kehidupan Kita. Prof Dr Hafid Abbas, yang juga Guru Besar pada Ilmu Pendidikan UNJ, hadir dengan makalah berjudul “Katalisasi Paradigma Pendidikan dalam Menyonsong Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka.” Prof Dr H Dadang Sunendar M Hum hadir dengan presentasi berjudul “Eksistensi Bahasa dan Sastra di Masa Pandemi.”

Pimpinan Universitas Negeri Makassar, Pimpinan FBS UNM, dan Pimpinan JBSI menyambut baik kegiatan Webinar yang dihelat oleh DEMA JBSI FBS UNM, yang telah menjadi kegiatan tahunan yang mampu mendatangkan ratusan peserta, dari berbagai bidang ilmu, terutama akademisi, mahasiswa, siswa, dan pemerhati bahasa.

Dalam kegiatan tersebut, peserta Webinar mendapatkan ilmu pengetahuan dan wawasan tentang bahasa dan pendidikan dari para pakar yang telah berbagi pengetahuan (knowledge sharing) dalam Webinar ini. Peserta juga akan mendapatkan sertifikat, dan tidak kalah pentingnya adalah Webinar ini hadir dengan tanpa biaya pendaftaran atau gratis.

“Sebagai pimpinan universitas, kami tentu sangat mengapresiasi dan mendukung kegiatan yang dilakukan mahasiswa seperti ini,” ujarnya.

Sukardi melanjutkan bahwa kegiatan ini adalah salah satu wujud kinerja ekselen atau unggul yang dilakukan oleh mahasiswa dengan menghadirkan pakar untuk berbagi kepada sivitas akademika UNM dan masyarakat luas dari beragam profesi. (***)

Editor : Emba