Bupati Adnan Harap Nilai Pancasila Diimplementasikan Dalam Bermasyarakat

Rabu, 01 Juni 2022 12:37

GOWA, REWAKO.ID – Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan mengajak seluruh masyarakat agar menjadikan Peringatan Hari Lahir Pancasila dengan lebih mempererat hubungan dan persatuan, khususnya dalam membangun bangsa dan negara Indonesia menuju Indonesia Maju.

Hal tersebut diungkapkan usai dirinya bersama Wakil Bupati Gowa, Abd Rauf Malaganni dan Forkopimda Kabupaten Gowa mengikuti Upacara Hari Lahir Pancasila secara virtual di Peace Room A’Kio, Kantor Bupati Gowa, Rabu (1/6).

“Kita sebagai masyarakat dan bangsa Indonesia harus bersatu padu membangun bangsa dengan kebersamaan, karena dengan kerjasama dan kolaborasi maka akan menghasilkan sesuatu yang lebih baik di masa yang akan datang,”.

Olehnya Adnan berharap, nilai-nilai Pancasila sebagai ideologi bisa diterapkan dan menjadi pedoman dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara.

“Inilah tugas kita bersama seluruh komponen untuk menjadikan pancasila sebagai ideologi yang dirasakan manfaaatnya oleh seluruh tumpah darah Indonesia,” harapnya.

Sementara Joko Widodo yang bertindak sebagai inspektur upacara, dalam amanatnya mengatakan Peringatan Hari Lahir Pancasila menjadi momentum untuk selalu membumikan pancasila dan mengaktualisasikan nilai luhur pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

“Hari ini kita memperingati Hari Lahir Pancasila di NTT yang merupakan kota yang sangat bersejarah. Disini Bung Karno merenungkan dan merumuskan pancasila dan disahkan oleh PPKI sebagai dasar negara. Sehingga dari kota ini saya mengajak anak bangsa untuk bersama-sama membumikan pancasila dan mengaktualisasikan nilai luhur pancasila dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara,” ungkapnya.

Jokowi mengaku Pancasila telah menjadi bintang penuntun ketika Indonesia menghadapi tantangan dan sudah dibuktikan dalam perjalanan sejarah bangsa, bahwa bangsa Indonesia berdiri kokoh dan kuat yang berlandaskan pancasila.

“Saya ingatkan kita harus betul-betul mengamalkan Pancasila, mewujudkan kemasyarakatan, kebangsaan dan mampu implementasikan,” jelasnya.

Pada peringatan ini yang dipusatkan di Lapangan Pancasila, Kabupaten Ende Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), seluruh peserta upacara mengggunakan pakaian adat daerah masing-masing termasuk di Kabupaten Gowa.(*)

Editor : Bahar Hardin