Cakupan Rendah, PKK Gowa Gerebek Vaksin dan Monitoring Posyandu di 3 Desa

Kamis, 04 November 2021 14:30

GOWA, REWAKO.ID – Sebanyak tiga desa di  Gowa menggelar gerebek vaksinasi, dan monitoring data Posyandu.

Desa tersebut yakni, Pa’bentengang Kecamatan Bajeng, Bone, Kecamatan Bajeng dan Desa Kalemandalle, Kecamatan Bajeng Barat.

Ketiga ini menjadi lokus vaksinasi ini karena cakupan vaksinnya cukup rendah di tiap kecamatan di daerah ini.

Ketua Tim Penggerak PKK Gowa, Priska Paramita Adnan mengatakan, untuk monitoring evaluasi tim penggerak PKK mengunjungi posyandu sekaligus juga kita melakukan gerebek vaksinasi.

Dia mengatakan, tetiga desa ini diberikan kesempatan untuk memperbaiki dan meningkatkan cakupan vaksinasi mereka agar dapat segera mencapai Herd Immunity pada Desember mendatang.

“Jadi desa-desa ini juga diberikan kesempatan untuk memperbaiki dan meningkatkan cakupan vaksinasi mereka agar dapat segera mencapai Herd Immunity,”kata Priska, saat ditemui di Desa Kalemandalle, Kecamatan Bajeng Barat. Kamis (4/11/2021).

Sementara, untuk giat Monitoring Posyandu kata Priska, dilakukan setiap bulan dan berjenjang mulai dari tingkat desa,yang dilakukan oleh ketua Tim Penggerak PKK tingkat Desa.

“Kalau monitoring Posyandu itu memang selain dari Tim Penggerak PKK Kabupaten, ini juga diadakan monitoring Posyandu perbulan dan berjenjang. Mulai dari tingkat desa, baik itu Ibu Desa yang bertemu dan memeriksa buku administrasi perbulan,” jelasnya.

Sementara untuk kecamatan kata Priska, monitoring itu dilakukan 3 kali setahun dan tingkat kabupaten 1 kali setahun.

Dengan begitu akurasi buku posyandu administrasi secara berjenjang dapat lebih meningkat. Selain itu, Priska berharap para kader bisa lebih peduli dan tanggungjawab atas data yang dilampirkan.

“Jadinya pemeriksaan buku posyandu Administrasinya secara berjenjang itu akan lebih meningkat akurasi dari data-data posyandu yang ada,”katanya.

“Namanya para kader itu juga tentunya harus lebih diingatkan lagi untuk menimbang dengan hati, harus bisa lebih peduli dan bertanggungjawab dengan data yang mereka lampirkan,”pungkasnya.(*)

Laporan: Afrilian Cahaya Putri

Editor : Bahar Hardin

Penulis : Afrilian Cahaya Putri