Gudangnya Pebulutangkis, Gowa Dilirik jadi Program Pendidikan Atlet

Senin, 08 November 2021 15:33

GOWA,REWAKO.ID – Terkenal gudangnya atlet Bulutangkis, Gowa terpilih menjadi salah satu dari empat daerah di Sulsel untuk membentuk Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar Daerah (PPLPD).

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Pemprov Sulsel Andi Arwin Azis dalam keterangannya menjelaskan, untuk menjalankan program PPLPD tersebut, pihaknya membutuhkan dukungan terhadap inovasi yang dilakukan dalam hal pembibitan dan pembinaan Atlet.

Dimana pihaknya membangun kolaborasi dengan kabupaten/kota yang menjadi sumber Talenta Atlet, dengan spesifikasi usia belajar dan usia Dini.

“Kebetulan kita Sulawesi Selatan mendapat amanah dari Kemenpora untuk menjadi Sentra pembinaan olahraga yang masuk dalam cabang olahraga yang dibina dalam sentra tersebut ada 4. Yakni Karate, Bulutangkis, Pencak silat dan atletik,” kata Arwin. Senin (8/11/2021).

Lanjut Arwin, setelah pihaknya menganalisis potensi-potensi wilayah di Sulawesi Selatan, akhirnya ambillah kesimpulan bahwa untuk Kabupaten Gowa cabang olahraga yang sangat potensial adalah Bulutangkis.

Menyusul 3 daerah lain yakni Kabupaten Bantaeng dengan Pencak Silat, Makassar dengan Cabang olahraga Karate dan Luwu Utara dengan Cabang Olahraga Atletik.

Dengan dukungan dari Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan, Arwin menuturkan PPLPD nantinya berkontribusi untuk pembinaan para atlet bulutangkis yang nantinya dilanjutkan pembinaannya ke PPLP Provinsi Sulawesi Selatan.

“Alhamdulillah Pak Bupati mendukung untuk kemudian dibentuk melalui lembaga atau pola pembinaan yang diberi nama Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar Daerah (PPLPD). Itu untuk berkontribusi nantinya melanjutkan pembinaannya ke Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar (PPLP) yang berada di Provinsi Sulawesi Selatan,” terang Arwin.

Sementara itu, Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan menyatakan dukungannya terhadap program PPLP Daerah ini. Mengingat memang Kabupaten Gowa sudah ditetapkan sebagai daerah dengan cabang olahraga unggulannya adalah Bulutangkis.

“Kami akan mendukung program tersebut, apalagi memang Kabupaten Gowa sudah ditetapkan sebagai daerah dengan cabang olahraga unggulannya adalah Bulutangkis,” ujar Bupati Adnan.

Diakui Adnan juga bibit-bibit untuk olahraga bulutangkis di Kabupaten Gowa ini banyak. Hanya saja memang sarana dan prasarananya yang kurang mumpuni.

Dikatakan Bupati Adnan, untuk merenovasi Gelanggang Olahraga Sungguminasa sudah dianggarkan pada 2020 lalu, namun karena pandemi Covid-19 sehingga anggaran tersebut dialihkan untuk penanganan Covid-19.

“Sebenarnya kita sudah menganggarkan untuk merenovasi GOR Sungguminasa ini bertaraf nasional, hanya karena Covid-19, sehingga seluruh anggaran untuk pembangunan fisik dialihkan untuk penanganan Covid-19,” kata Bupati Adnan. tuturnya.

Dirinya berharap dengan adanya PPLPD di Kabupaten Gowa ini nantinya mampu mencetak Atlet-atlet Bulutangkis handal hingga ke tingkat nasional bahkan internasional.(*)

Editor : Bahar Hardin

Penulis : Afrilian Cahaya Putri