Kadis PPPA: Sejak Dulu Kesetaraan Gender Sudah Terbangun di Gowa

Rabu, 13 Oktober 2021 16:19

GOWA,REWAKO.ID – Gowa sejak dulu dikenal dengan kesetaraan gendernya. Tidak ada ketimpangan antara laki-laki dan perempuan baik itu dalam perencanaan, pembangunan, dan pemanfaatan hasil-hasil dari pembangunan.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Gowa, Kawaidah Alham mengatakan, sejak dulu Pemkab Gowa selalu mendengungkan bagaimana penganggaran yang responsif gender itu terjadi di setiap Instansi.

“Kesetaraan gender di Gowa memang sejak dulu sudah sangat dikenal, tidak ada ketimpangan antara perempuan dan laki-laki didalam hal perencanaan, pembangunan dan pemanfaatan hasil-hasil dari pembangunan itu,”kata Kawaidah.

Kawaidah mengatakan, Pemkab Gowa selalu mendengungkan bagaimana penganggaran yang responsif gender itu terjadi di setiap Instansi.

Sementara itu, anak-anak juga masuk dalam kesetaraan gender. Kata dia, misalnya dari segi pendidikan harus disetarakan. Tidak ada pembeda strata pendidikan bagi anak laki-laki maupun perempuan.

“Kalau tentang anak, mereka juga masuk dalam kesetaraan gender. Misalnya dari segi pendidikan, kekuatan, tidak bisa dibedakan. Keduanya wajib mendapatkan pendidikan yang layak dan juga perhatian yang sama dalam keluarga,”ujarnya.

Namun tidak bisa dipungkiri, pengetahuan masyarakat luas tentang kesetaraan gender masih minim.

Namun, atas komitmen menjunjung tinggi nilai kesetaraan gender inilah, mengantarkan Pemkab Gowa meraih penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) 2020 kategori Madya.(*)

Editor : Bahar Hardin

Penulis : Afrilian Cahaya Putri