Kamsina Harap Dewan Kesenian Gowa Mampu Lestarikan Kebudayaan Lokal

Selasa, 07 Juni 2022 07:31

GOWA,REWAKO.ID – Sekretaris Daerah (Sekda) Gowa, Kamsina mengajak Dewan Kesenian Gowa (DKG) untuk membantu pemerintah daerah dalam melestarikan kebudayaan lokal khususnya kesenian daerah yang ada di Gowa.

Hal ini disampaikannya saat melantik Pengurus Dewan Kesenian Gowa periode 2021-2025 sekaligus menutup Festival Balla Lompoa di pelataran Istana Tamalate Sungguminasa, Senin (6/6) malam.

Menurut Kamsina, menjaga kearifan budaya lokal merupakan tanggungjawab bersama. Pemerintah tidak bisa jalan sendiri, dibutuhkan kerjasama dan kolaborasi dari semua pihak khususnya Dewan Kesenian Gowa untuk tetap melestarikan kebudayaan lokal terutama di era modern saat ini.

“Acara yang kita laksanakan hari ini merupakan suatu kebanggaan tersendiri buat kami, karena kami berpikir di zaman serba modern saat ini, dimana budaya lokal seolah-olah terlupakan dengan budaya yang glamor dan modern,” ujarnya.

Olehnya itu, dirinya juga menyambut baik pelaksanaan Pelantikan Pengurus Dewan Kesenian Gowa yang dirangkaikan dengan Festival Balla Lompoa, dirinya yakin bahwa apa yang dilakukan ini merupakan bagian dari upaya melestarikan budaya lokal dalam bentuk kesenian daerah.

Dirinya berharap Dewan Kesenian Gowa dapat terus melalukan kegiatan-kegiatan kreatif seperti Festival Balla Lompoa seperti ini. Kamsina menilai bahwa kegiatan seperti ini penting dilakukan untuk terus menghidupkan nilai-nilai kearifan budaya lokal di tengah-tengah kehidupan masyarakat.

“Festival Balla Lompoa ini akan menjadi momentum yang baik untuk menggiatkan kembali seluruh aktivitas seni dan budaya Kabupaten Gowa. Kami Pemerintah Kabupaten Gowa siap mendukung dan mensupport kegiatan tersebut,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua Umum Dewan Kesenian Gowa, Rahmansyah mengaku siap membantu pemerintah dalam melestarikan kebudayaan Gowa. Menurutnya kegiatan Festival Balla Lompoa merupakan salah satu wujud dukungan Dewan Kasenian Gowa melestarikan dan memperkenalkan kebudayaan Gowa.

Olehnya Rahmansyah mengaku bahwa kegiatan dalam upaya memperkenalkan dan melestarikan kebudayaan lokal akan terus dilakukan oleh Dewan Kesenian Gowa.

Bahkan dirinya menargetkan Festival Balla Lompoa ini akan masuk dalam event nasional. Dirinya juga menyambut baik dan menyampaikan terimakasih kepada Pemkab Gowa atas dukungannya selama ini kepada Dewan Kesenian Gowa.

“Dewan Kesenian Gowa bukan suatu lembaga yang menjelma menjadi suatu kekuatan yang paham segala hal tentang seni dan budaya. Tetapi Dewan Kesenian Gowa ibarat perahu yang akan menjadi tumpangan bagi kita semua yang mau berpikir tentang seni untuk membangun kebudayaan Gowa,” tandasnya.

Pada kesempatan ini juga dilakukan penyerahan penghargaan kepada para pemerhati seni dan budaya Kabupaten Gowa.

Turut pada pada kegiatan ini Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Gowa, Andi Tenriwati Tahri.(*)

Editor : Bahar Hardin