Kelompok Tani di 2 Dusun di Gowa Raih Penghargaan Proklim dari Kemen-LHK

Selasa, 19 Oktober 2021 15:30

GOWA,REWAKO.ID – Dinilai berhasil melakukan adaptasi dan mitigasi lingkungan hidup, sejumlah kelompok tani di dua Dusun di Gowa meraih sertifikat Program Kampung Iklim (Proklim) Utama 2021, dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Kemen-LHK).

Dusun yang meraih menghargaan yakni, Dusun Japing Desa Sunggumanai Kecamatan Patalassang. Dan Dusun Lembayya Desa Rappolemba Kecamatan Tompobulu.

Kepala Bidang Tata Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup Gowa, Andi Hernawati, Proklim mengatakan, bukanlah lomba seperti pada umumnya, melainkan sebuah pengakuan dari pemerintah daerah, provinsi maupun pemerintah pusat bahwa masyarakat yang telah diusulkan ini sejak lama telah melakukan adaptasi dan mitigasi lingkungan hidup.

“Kategori Proklim ini merupakan upaya yang dilakukan oleh masyarakat secara mandiri untuk melakukan adaptasi dan mitigasi terhadap lingkungan hidup,” kata Andi Hernawati, Selasa (19/10/2021).

“Jadi dia bukan merupakan lomba tetapi sebagai lomba tetapi pengakuan baik dari pemerintah daerah, provinsi maupun pemerintah pusat bahwa masyarakat yang telah diusulkan ini telah melakukan sejak lama tentang adaptasi dan mitigasi lingkungan hidup,”lanjutnya.

Hernawati mengatakan, adaptasi dan mitigasi lingkungan hidup yang dimaksud seperti penanganan masalah air, yaitu membuat pengairan di sawah, menanam pohon, kemudian memanfaatkan untuk kehidupan masyarakat di sekitarnya.

Penghargaan ini diterima oleh Wakil Bupati Gowa, Abd Rauf Malaganni didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Gowa, Azhari Aziz di Peace Room A’Kio Kantor Bupati Gowa.

Editor : Bahar Hardin

Penulis : Afrilian Cahaya Putri