Makassar dan Saudi Arabia Targetkan Rekor MURI Buka Puasa Terpanjang 2,5 Km di Anjungan Losari 

Selasa, 12 Maret 2024 07:11

MAKASSAR,REWAKO.ID – Dalam upaya mempererat hubungan internasional dan mempromosikan nilai-nilai persaudaraan, Kerajaan Saudi Arabia, Pemerintah Kota Makassar, dan Yayasan I-Salam akan berkolaborasi monumental untuk menggelar acara buka puasa, di Anjungan Pantai Losari, pada Rabu (13/3/2024). Acara ini tidak hanya menandai perayaan spiritual, namun target memecahkan Rekor MURI untuk buka puasa terpanjang 2,5 Kilometer (Km).

Buka puasa yang direncanakan akan menarik partisipasi massal, dengan target peserta sekitar 10.000 orang, ini akan membentuk barisan sepanjang 2,5 km mengelilingi pantai.

Ketua Panitia, Riswan Ilyas mengatakan, inisiatif ini bukanlah pertama kalinya, mengingat Kerajaan Saudi Arabia telah sebelumnya berkolaborasi dalam acara serupa yang telah sukses besar di Jakarta dan Padang. Tahun ini, Makassar dipilih sebagai simbol eratnya hubungan antara Indonesia, negara dengan populasi Muslim terbesar di dunia, dan Kerajaan Saudi Arabia, penjaga dua kota suci Islam.

Riswan mengatakan, acara ini diharapkan akan membuka jalan untuk kerjasama lebih lanjut antara dua negara, terutama dalam upaya-upaya yang menguntungkan umat Islam. Selain itu, diharapkan pula acara ini akan meningkatkan reputasi Provinsi Sulawesi Selatan dan khususnya Kota Makassar di mata internasional, khususnya di kalangan negara-negara Islam.

Dalam persiapan menuju suksesnya acara, Wali Kota Makassar, Ramdhan Pomanto, telah memastikan keterlibatan lintas sektoral. Dari Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol), Dinas Perhubungan, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Dinas Pariwisata, hingga Dinas Kesehatan, semua dimobilisasi untuk menjamin kelancaran acara. Layanan darurat seperti Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), serta infrastruktur pendukung seperti PDAM dan PD Parkir akan terlibat aktif, menegaskan komitmen kota Makassar dalam menyambut tamu dari berbagai daerah dan negara.

Dengan upaya besar-besaran ini, acara buka puasa bersama di Makassar tidak hanya diharapkan menjadi momen kebersamaan dan refleksi spiritual, tetapi juga sebagai manifestasi dari kerjasama internasional dan diplomasi budaya yang membawa dampak positif bagi masyarakat luas.(*)

Editor : Bang Har