Perpustakaan Megah di Gowa, Berkonsep Instagramable dan Fasilitas Modern

Senin, 18 Oktober 2021 11:54

GOWA,REWAKO.ID – Gedung Perpustakaan megah di Gowa yang sebentar lagi rampung berkonsep Instagramable. Perpustakan berlantai 3 ini juga punya fasilitas modern.

Kepala Seksi Pembinaan Perpustakaan dan Pengembangan Minat Baca, Irfan Latif yang juga selaku Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), Dia mengatakan meskipun perpustakaan baru, akan tetapi akan didesain sebagai perpustakaan modern. Beberapa fasilitas akan disiapkan.

“Yang pasti ada tempat buku, ruang baca dan meja baca. Nanti juga ada ruang komputer yang nantinya pengunjungya dapat membaca buku digital dan juga bisa mengakses internet,” kata dia, Senin (18/10/2019).

Dia mengatakan, pihaknya juga merencanakan untuk mengadakan ruang bermain anak. Hal itu akan dilakukan jika kesiapan anggaran tahun ini mencukupi.

“Yang kedua Insya Allah, kalau cukup anggaran kita bisa adakan ruang bermain anak. Perpustakaan sekarang seharusnya sudah menjadi tempat rekreasi, bukan hanya sekedar membaca buku saja. Jadi harus nyaman,”kata dia.

Dia melanjutkan, pada lantai 3 nantinya akan ada ruang terbuka. Dimana ruang terbuka ini juga akan dimanfaatkan sebagai ruang baca dan fasilitas tempat kegiatan.

“Jadi tempat membaca buku harus menjadi istagramabel. Paling tidak bisa jadi tempat foto-fotolah. Apalagi untuk sementara kita di sini bukan akses jalan umum. Di perpustakaan baru ini kan sudah jalan raya,” ungkapnya.

Dia berharap, dengan konsep itu bisa meningkatkan minat baca masyarakat. Pihaknya berharap jumlah pengunjung bisa meningkat. Apalagi diera yang serba modern saat ini, dengan fasilitas canggih sehingga membaca bisa dilakukan dimana saja.

“Harapan kami kalau misalnya gedung ini sudah beroperasi dapat meningkatkan minat baca. Meningkatkan jumlah pengunjung. Karena sekarang fasilitas sudah sangat canggih. Karena membaca buku bisa dari mana saja. Mudah-mudahan kalau di perpustakaan baru indah dan megah. Intinya masuk saja, jadi membaca belakangan,”pungkasnya. (*)

Editor : Bahar Hardin

Penulis : Afrilian Cahaya Putri