Serapan dan Realisasi Anggaran Membaik, Bupati Adnan Optimis Tahun Depan Meningkat

Senin, 22 November 2021 13:19

GOWA,REWAKO.ID – Bupati Gowa Adnan Purichya Ichsan optimis realisasi dan serapan Anggaran Belanja dan Pendapatan Daerah (APBD) 2021, di Gowa membaik hingga akhir tahun. Hal ini bukan tanpa alasan, sebab hingga pertengahan November, realisasi dan serapan anggaran masuk dalam kategori menengah.

Hal ini dikatakan Adnan saat dimintai keterangan usai menghadiri Rapat Koordinasi Evaluasi Penyerapan Anggaran Daerah Tahun 2021, di Peace Room A’Kio Kantor Bupati Gowa, Senin (22/11/2021).

“Realisasi kita baik, kita masuk dalam kategori menengah. Tidak juga rendah dan tidak juga tinggi, tapi menengah,” kata Adnan.

Orang nomor satu di Kabupaten Gowa ini mengakui, bahwa masa pendemi Covid-19 dengan segala keterbatasan yang mengakibatkan “kontraksi” di pemerintahan, sehingga sejumlah daerah mengalami hambatan. Meski begitu, dia mengakui tak ada hambatan yang begitu berarti di Kabupaten Gowa.

“Memang situasi dan kondisi setiap daerah berbeda-beda, sehingga pasti ada yang serapannya tinggi dan ada yang serapannya rendah. Tetapi dengan situasi Covid-19 sekarang lebih terkendali dibanding dengan tahun sebelumnya, kita optimis tahun depan realisasi bisa lebih ditingkatkan,” ungkapnya.

Situasi ini bisa terkendali, sebab Kabupaten Gowa jauh sebelumnya telah mempersiapkan strategi agar serapan dan realisasi anggaran di masa pendemi-19 bisa tetap berjalan maksimal. Adnan menuturkan salah satu strategi dengan cara membuat jadwal kepada seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

Bukan hanya untuk tahun ini, Adnan juga optimis serapan dan realisasi anggaran untuk tahun depan bisa lebih meningkat dan maksimal.

“Dan kita juga membuat surat pernyataan. Jadwalnya itu setelah penetapan, apa yang harus dilakukan sehingga realisasinya pada pertengahan tahun depan itu sudah bisa diatas rata-rata dari tahun ini,” katanya.

“Dan itu semua (pernyataan) sudah ditandatangani oleh para pimpimpinan SKPD sebagai surat pernyataan bahwa mengikuti jadwal yang telah ditetapkan, dan siapa yang tidak mengikuti jadwal akan mendapatkan sanksi,” tandasnya.(*)

Editor : Bahar Hardin

Penulis : Afrilian Cahaya Putri