Surat Pernyataan Orang Tua Untuk Vaksin Covid-19, Begini Komentar Pjs Kadiknas Gowa 

Kamis, 27 Januari 2022 15:22

GOWA,REWAKO.ID – Surat pernyataan orang tua siswa yang diwajibkan bagi yang anaknya akan divaksin menjadi polemik di Gowa. Polemik tersebut membuat Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Gowa, Rieke Susanti angkat bicara.

Rieke mengatakan, awalnya memang para kepala sekolah membuat format surat pernyataan orang tua siswa. Alasannya sebab ada sebagian anak-anak yang tidak dibawa langsung oleh orang tua ke lokasi vaksin.

“Iya, awalnya kepala sekolah buat surat begitu, karena biasanya anak-anak tidak dibawa oleh ortunya langsung, biasa malah dibawa oleh tantenya dan sanak keluarga lain,” kata Rieke.

Sehingga, lanjut dia, surat pernyataan orang tua siswa itu menjadi salah satu media bahwa akan dilakukan vaksin kepada anaknya. Dengan begitu semua anak yang akan divaksin telah diketahui oleh orang tuanya masing-masing.

“Kenapa kami buatkan surat pernyataan seperti itu? karena orangtuanya tau bahwa anaknya ini mau divaksin, sehingga butuh persetujuan ortu. Jangan sampai dia tidak tau anaknya mau dibawa vaksin, itukan bisa pihak sekolah disalahkan,” ujarnya.

Rieke melanjutkan, memang ada poin dalam surat penyataan itu menjadi polemik. Meski begitu, Rieke menegaskan bahwa meskipun tanpa surat pernyataan selama anak yang bersangkutan diantar langsung oleh orang tuanya maka tidak menjadi masalah dan bisa dilakukan pemberian dosis vaksin.

“Jadi bagi kami kalau ortunya langsung mengantar anaknya ke Sekolah, tidak membuat surat pernyataan pun kalau dia bersedia ya divaksin,” ujarnya.

Masih lanjut Rieke, pihaknya terus melakukan sosialisasi perihal pemberian dosis vaksin kepada anak. Khususnya untuk peserta didik.

“Jadi setiap sekolah membuat sosialisasi yang bekerjasama dengan camat dan Kades. Nanti setelah sosialisasi baru divaksin. Jadi setiap sekolah mereka melakukan sosialisasi dulu,” tuturnya.

Dikatakan pula, pemberian vaksin terhadap anak hingga saat ini tidak mendapat kendala yang berarti. Iapun berharap vaksinasi ini bisa berjalan dengan baik ke depan.

“Sejauh ini tidak ada kendala. Siswa tampak baik-baik saja sebelum maupun setelah divaksin,” tandasnya.(*)

Editor : Bahar Hardin

Penulis : Afrilian Cahaya Putri