Dua Hari Dicari, Jasad Usman Ditemukan Dalam Kondisi Mengapung

Rabu, 22 Juni 2022 17:28

GOWA,REWAKO.ID – Setelah dilakukan pencarian selama 2 hari, jasad Usman Daeng Laja (49) Tahun, warga Kelurahan Sungguminasa, Kecamatan Sombaopu, kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, akhirnya ditemukan.

Jazad korban ditemukan sekitar pukul 07:10 wita dalam kondisi mengapung oleh seorang warga bernama Daeng Makka, yang hendak mencari ikan di sungai Jeneberang menggunakan perahu.

“Saya kan mau pasang jaring ikan, saya liat ada yang mengapung seperti sesosok manusia yang tenggelam, jadi saya hampiri sambil mendayung perahu, ternyata benar, itu jasad manusia”Kata Daeng Makka.

Daeng Makka kemudian berinisiatif mengikat jasad tersebut menggunakan tali yang ia bawa, lalu menariknya sembari mendayung perahu ke tepi sungai.

“Takut ma itu korban terbawa arus lebih jauh, jadi saya lansung ikat dan menarik ini korban kasian menuju ke tepi sungai, kebetulan banyak mi saya lihat orang di pinggir sungai yang mencari ini jenazah daeng Laja”tutupnya.

Sejumlah tim SAR Gabungan yang terdiri dari Tagana Damkar Kabupaten Takalar, Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Gowa dan Basarnas Sulawesi Selatan PMI Gowa dan damkar makassar serta potensi sar Tni dan Polri yang berada di tepi sungai, lansung mengevakuasi korban.

Jazad korban kemudian di memasuk ke kantong jenazah, lalu jenazah korban dibawah kerumah duka menggunakan mobil Ambulance.

Kata Samsul Bahri, Kabid Pencegahan dan Penanggulangan Damkar Gowa, Jasad Usman Daeng Laja ditemukan oleh warga pencari ikan sejauh 1 kilo meter terbawa arus sungai Jeneberang dalam kondisi mengapung.

“Jadi korban di temukan sudah jauh dari titik awal korban hilang dan terbawa arus sungai Jeneberang sejauh 1 kilo meter” Kata Samsul Bahri.

Dijelaskannya, jika hilangnya Korban di sungai Jeneberang baru di ketahui setelah salah seorang keluarga korban melapor ke posko penanganan bencana.

Laporan awal yang diterima, korban pergi mencari ikan di sungai Jeneberang pada hari Senin pagi, tidak jauh dari jembatan kembar kabupaten Gowa, tepatnya dibelakang pasar Sungguminasa, Kelurahan Sungguminasa, Kecamatan Sombaopu.

Keluarga korban melapor kepada petugas, pada Selasa Sore setelah pihak keluarga tidak melihat keberadaan Usman Daeng Laja pulang kerumah.

Saksi mata juga mengatakan jika terakhir kali korban berada di sungai Jeneberang diatas perahunya.

Saksi mengatakan, jika ia sempat menegurnya agar segera kembali pulang kerumah karena hari sudah mulai gelep.

Namun korban tidak menghiraukan, bahkan saksi terakhir kali melihat korban sebelum meninggalkan lokasi, telah tertidur di perahunya pada hari Senin (20/06/22).

Korban baru di cari oleh pihak keluarga pada hari Selasa. Dan tim SAR Gabungan mencari korban pada Selasa sore disekitar lokasi saksi melihat korban terakhir kalinya diatas perahu.

Editor : Bahar Hardin

Penulis : Ahmad