Kadinkes Sebut 5 Pilar STBM Antar Gowa Raih 4 Penghargaan

Jumat, 15 Oktober 2021 17:16

GOWA, REWAKO.ID – Gowa meraih 4 penghargaan dalam Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) Award berkelanjutan.

Kepala Dinas Kesehatan Gowa, dr Hasanuddin yang turut hadir mendampingi Bupati Gowa dalam penghargaan ini menuturkan, beberapa tahapan itu dilalui Kabupaten Gowa mulai dari tingkat bawah.

Dijelaskan, persiapannya itu seluruh desa melaksanakan STBM 5 pilar termasuk Open Defecation Free (ODF), kemudian cuci tangan, pengawasan makanan dan minuman, pengawasan sampah dan limbah, 5 pilar itu sudah diterapkan ditingkat Puskesmas, dan nantinya Puskesmas inilah yang melakukan pembinaan kepada seluruh desa yang ada di wilayah kerjanya.

“Tahapan-tahapannya itu mulai dari tingkat bawah, persiapannya itu seluruh desa kita laksanakan STBM 5 pilar termasuk ODF, kemudian cuci tangan, pengawasan makanan dan minuman, Pengawasan Sampah, 5 pilar itu sudah ditingkat Puskesmas itu, dan nantinya PKM ini melakukan pembinaan kepada seluruh desa yang ada di wilayah kerjanya,” terang dr Hasanuddin.

Kedepannya, di 167 Desa/Kelurahan itu akan diberlakukan program ODF, mengingat sekarang ODF sudah 100 persen. Begitu juga denan program cuci tangan, pengawasan makan minum, pengelolaan sampah dan limbah.

“Itu kedepannya di 167 Desa/Kelurahan itu Kita akan teruskan program ODF. Kan sekarang, ODF itu sudah 100 persen. Begitu nanti cuci tangan, Pengawasan makan minum, pengelolaan sampah dan limbah.
Harapannya, semoga ini merupakan pemicu supaya desa dan kelurahan lebih banyak lagi menerapkan STBM dan 5 pilar,” katanya.

Adapun 4 penghargaan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) Award Berkelanjutan Kabupaten/Kota yang diraih Kabupaten Gowa diantaranya;

Penghargaan Bupati/Walikota Kabupaten/Kota Percepatan SBS/ODF tahun 2021
(Stop Buang Air Besar Sembarangan),

Kemudian, Daftar Sanitarian, Kepala Desa, Natural Leader Penerima Penganugerahan Tanda Penghargaan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat Tahun (STBM) 2021.

Penghargaan Sanitarian Terbaik dalam upaya mendorong percepatan STBM ,diraih oleh Asriani dari Puskesmas Kanjilo.

Penghargaan kepada Kepala Desa Terbaik dalam upaya untuk mendorong percepatan STBM. Kepala desa Muhammad Yusram, Desa Tamanyeleng, Kecamatan Barombong.

Penghargaan Natural Leader Terbaik dalam upaya mendorong percepatan STBM, Sahriani dari Desa Tamanyeleng, Kecamatan Barombong.

Editor : Bahar Hardin

Penulis : Afrilian Cahaya Putri