Lindungi dari Covid-19, PKK Gowa Vaksin  9.000 Ibu Hamil di 18 Kecamatan 

Senin, 20 September 2021 14:02

GOWA, REWAKO.ID – Tim Penggerak PKK Gowa melakukan vaksinasi dengan menarget sekutar 9.000 ibu hamil di daerah ini. Ini dilakukan sebagai upaya melindungi  ibu hamil dan bayi dari kematian ibu hamil karena Covid-19.

PKK pun melakukan terhadap ribuan ibu hamil melalui Virtual di 18 Kecamatan. Selasa (28/9/2021). Vaksinasi ini mengikutkan 9000 peserta dari kalangan ibu hamil di 18 Kecamatan di Gowa.

“18 kecamatan ini persiapannya sudah hampir maksimal dengan masing-masing dari kecamatan itu kita buat target 500 orang, jadi sebetulnya dari propinsi ada targetnya minimal 3000 tapi dari kami di setiap kecamatan  itu jika masing-masing mengumpulkan 500 orang itu maka kurang lebih ada 9000 dan vaksin itu juga tidak hanya dilaksanakan pada hari rabu mendatang,” ujar Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Gowa, Priska Paramita Adnan.

Lanjut Priska, vaksinasi untuk ibu hamil ini pertanggal 28 Agustus 2021 sudah direkomendasikan oleh Dokter Obstetri dan Ginekologi di Indonesia.

Hal ini dikarenakan ibu hamil memiliki daya tahan tubuh yang rentan semasa kehamilan, mereka termasuk golongan yang lebih rentan terkena Covid-19.

“Mengapa direkomendasikan? karena ibu hamil ini ketika daya tahan tubuh mereka sedang rentan karena masa kehamilan, mereka termasuk golongan yang lebih rentan terkena Covid 19,” katanya.

Dan yang tidak kalah penting, pemberian vaksin ternyata sangat membantu ibu hamil apalagi yang memiliki komorbid.

Selain itu, ibu hamil yang diberikan vaksin juga secara langsung melindungi kondisi kehamilannya, harapannya, semuanya bisa ibu hamil bisa melahirkan anak-anak yang sehat, cerdas.

Bahkan kata Priska, ada juga penelitian kalau ibu hamil yang diberikan vaksinasi Covid-19 itu juga ada kemungkinan mewariskan anti body covid-19 tersebut terhadap bayi yang dilahirkannya.

Untuk persyaratannya, ibu hamil yang bisa divaksinasi Covid-19 itu harus yang berada pada usia kehamilan diatas 3 bulan.

Sementara itu, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Gowa, dr Gaffar menuturkan, dosis vaksin yang akan disediakan sebanyak 3000 dosis. Sudah termasuk dosis 1 dan dosis 2.

“Untuk vaksinasi Ibu Hamil ini Badan Intelijen Negara (BIN) kuga mensupport sebanyak 5000 dosis,” Katanya.

Untuk Tenaga Kesehatan, Dinas Kesehatan Gowa juga menurunkan 52 tim di 18 Kecamatan. Rata-rata dua titik vaksinasi disetiap Kecamatan.(*)

Editor : Bahar Hardin

Penulis : Afrilian Cahaya Putri