Pemkab Gowa Pastikan Stok Kebutuhan Jelang Nataru Terjaga, Harga Stabil

Rabu, 15 Desember 2021 14:36

GOWA,REWAKO.ID – Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan menegaskan bahwa jelang Natal dan Tahun Baru (Nataru) pihaknya akan tetap memastikan kebutuhan pokok pada kondisi aman dengan harga yang tetap terkendali.

Komitmen Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa ini ditandai dengan digelarnya High level meeting Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Gowa, menghadapi Hari Natal dan Tahun Baru 2022, di Baruga Karaeng Galesong, Kantor Bupati Gowa, Selasa (14/12/2021).

Pada kesempatan itu, Adnan mengatakan bahwa sudah menjadi kebiasaan, jelang Natal dan Tahun Baru permintaan kebutuhan pokok terbilang tinggi. Hal ini bukan tanpa alasan, sebab mayoritas orang merayakan Nataru dengan berkumpul dengan kerabat dan keluarga.

“Kenapa? Karena tentu adanya aktivitas kumpul antara satu kelompok yang lain, begitu juga satu keluarga dan keluarga yang lain. Maka tentu pasti akan banyak permintaan. Saya hadir di sini sebenarnya untuk memastikan bahwa stok kita di pasar terjaga dengan baik dan harganya bisa dikendalikan,” kata Adnan.

Olehnya, perlu dilakukan kesiapan pemerintah agar stok kebutuhan pokok tetap terjaga, serta harga di pasar tetap bisa dikendalikan. Hal ini, kata Adnan perlu intervensi pemerintah agar harga bahan pokok tetap stabil.

“Kalau pertumbuhan ekonomi kita rendah lalu kemudian inflasi kita tidak ada, makanya harganya (naik). Yang bagus kalau misalnya pertumbuhan ekonomi kita tinggi inflasinya ada. Makanya perlu dilakukan operasi pasar, menjaga harga, memastikan stok terjaga dengan baik, memastikan distribusinya berjalan dengan baik,” ungkapnya.

Terpenting lanjut dia adalah, memastikan tidak ada pedagang yang melakukan penimbunan kebutuhan pokok. Hal ini biasa tindak dengan adanya kenaikan harga secara tiba-tiba. Jika demikian, dikatakan Adnan hampir dipastikan ada pengumpul yang melakukan operasi.

“Dan yang paling terpenting menjelang akhir tahun ini, harus dipasTikan tidak boleh ada yang melakukan penimbunan. Kalau ada harga – harga yang tiba – tiba mengalami kenaikan tiba – tiba maka perlu dilakukan cek ulang kembali operasi pasar dan cek pendistribusian,” ujarnya.

Dia berharap, dengan intervensi pemerintah stok bisa terjaga dan harga tetap bisa dikendalikan. Dikatakan pula, bahwa sudah menjadi kebiasaan para pedagang yang ada di pasar, menaikan harga jelang hari-hari besar.(*)

Editor : Bang Har

Penulis : Afrilian Cahaya Putri



TERPOPULER