Rencana Terapkan Layanan SPBE, Diskominfo-SP Gowa Studi Tiru ke Pulau Jawa 

Sabtu, 16 Oktober 2021 08:51

Ketgam: Kadis Kominfo-SP Gowa, Arifuddin Saeni (tiga kiri) saat berkunjung ke Kabupaten Sumedang, Jabar dan diterima oleh Sekretaris Dinas Kominfo SP Sumedang, Kemal Idris.

SUMEDANG,REWAKO.ID – Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (Dikominfo SP) Gowa studi tiru dalam penerapan sistem pelayanan berbasis elektronik (SPBE), di sejumlah daerah di pulau Jawa, yaitu Kota Bandung, Kota Tengerang dan Sumedang, Jawa Barat.

Rombongan peserta dari Gowa ini dipimpin langsung Kadis Kominfo SP, Arifuddin Saeni.

Dan pada kunjungan di Kabupaten Sumedang, rombongan yang beranggotakan 10 orang diterima Sekretaris Dinas Kominfo SP Sumedang, Kemal Idris di ruang Command Centre.

Terkait kunjungannya itu, Arifuddin menyampaikan, bahwa maksud melakukan studi tiru di daerah yang memiliki predikat SPBE terbaik di Indonesia ini guna sharing dalam penerapan layanan digital di Gowa.

“Jadi kami berkunjung ini untuk belajar tentang cara penerapan SPBE di Sumedang khususnya dalam penerapan tantangan elektronik,” ujarnya,Sabtu (16/10).

Sehingga lanjut, mantan Kabag Humas Setkab Gowa ini, setelah mendapat reperensi mampu mewujudkan ekseptasi Bupati Gowa dalam menerapkan administrasi berbasis digital.

“Jadi tahun depan Pemkab Gowa akan menerapkan sistem persuratan tidak lagi memggunakan kertas makanya dari sekarang disiapkan memang perangkat dan infrastrukturnya,” telasnya.

Menanggapi itu, Sekretaris Dinas Kominfo SP Sumedang, Kemal Idris menuturkan, pihaknya berterimakasih dengan kunjungan yang dilakukan mitranya dari  Gowa untuk sharing informasi seputar penerapan digitalisasi dalam layanan kepada masyarakat umum dan pihak lain.

“Pada dasarnya kami sangat senang teman-teman dari Gowa berkunjung di tempat kami untuk sharing informasi seperti yang kita juga lakukan awalnya ke Banyuwangi. Dan yakin Gowa akan maju dalam hal ini melihat spirit besar yang dimiliki Pak Kadis dan Programernya yang masih muda-muda,” tuturnya.

Pada penerimaan ini, Tim dari Gowa diberikan pelbagai fitur-fitur yang disajikan langsung Kabid Informatika Diskominfo Sumedang, Arief Syamsuddin.

Turut hadir pada kunjungan ini, Kabid TIK, HM Arfan, Kabid Statistik, H Sidin, anggota tim IT, Sopyar Madjid, M Ichwan, Fahriansyah, Nur Taufik, Suddin dan Ridho Muharram.(*)

Editor : Bahar Hardin