Sukseskan Pamsimas di Gowa, Puluhan Camat dan Kades Dilatih

Rabu, 03 November 2021 19:28

GOWA,REWAKO.ID – Sebanyak 39 Camat dan Kepala Desa (Kades) di Gowa mengikuti peningkatan kapasitas Pemerintah Desa (Pemdes) dan kecamatan dalam program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas), di BBPP Batangkaluku, Rabu (3/11/2021).

Para camat yang terdiri 11 orang dan 28 Kades yang telah mendapat program Pamsimas di wilayahnya pada 2017-2021. Pelatihan ini berlangsung selama selama tiga hari, mulai 3 hingga 5 November 2021.

Penjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Gowa, Dra Kamsina mengatakan, Pamsimas hadir di Gowa untuk membangun desa.

“Ini Pamsimas bukan program baru, Pamsimas hadir diharapkan dapat membangun desa,”katanya.

Kepala Inspektorat ini juga mengatakan, kegiatan ini merupakan kerjasama desa dengan Pamsimas, bertujuan untuk menyamakan pemahaman peserta terhadap juknis kerjasama desa yang tersedia melalui kerja sama desa.

“Kerjasama desa tentu dalam mewujudkan komitmen kerjasama desa yang bersedia melanjutkan kerjasama tersebut,”katanya.

“Menyusun rencana kerja tindak lanjut pemerintah didalam mewujudkan kerja sama desa untuk kegiatan program Pamsimas,”lanjutnya.

Diketahui, Pamsimas telah menjadi salah satu program andalan nasional (Pemerintah dan Pemerintah Daerah) untuk meningkatkan akses penduduk perdesaan terhadap fasilitas air minum dan sanitasi yang layak dengan pendekatan berbasis masyarakat.(*)

Editor : Bahar Hardin

Penulis : Afrilian Cahaya Putri