Tahun Ini, Pemkab Gowa Dapat Bantuan Pocadi dari Perpustakaan Nasional 

Rabu, 20 Oktober 2021 22:00

GOWA, REWAKO.ID – Tahun ini,Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa mendapat bantuan berupa Pojok Baca Digital (Pocadi) dari Perpustakaan Nasional.

“Petunjuk dari pusat Pocadi akan ditempatkan di lokasi pelayanan publik, ini tentu nilai bantuan berupa Pocadi ini ratusan juta,” kata Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Gowa, Muhammad Taslim, Rabu (20/10/2021).

Muhammad Taslim mengatakan, lokasi pelayanan umum yang dimaksud yaitu di pelayanan Samsat, Dinas Capil, Dinas PTSP, Polres Gowa dan juga masjid Agung Syekh Yusuf.

Kata dia, Pocadi hadir sebagai ruang bagi masyarakat yang hendak mengakses bacaan baik dalam bentuk fisik maupun digital.

“Hadirnya Pojok Baca tentu membantu Dinas lain dalam penilaian RB yang mengharuskan adanya pojok baca dalam lokasi pelayanan publik. Seperti Dinas PM-PTSP mereka pasti sangat terbantu dengan hadirnya Pojok Baca nantinya”katanya.

“Bantuan Pojok baca yang nantinya diterima Dinas Perpustakaan itu berupa Lemari, Buku, televisi, Kursi, Komputer,”lanjutnya.

Selain itu kata Taslim, 2020 lalu, Dinas Perpustakaan juga berhasil mendapatkan bantuan sebanyak 9000 buku yang kemudian disalurkan ke 18 kecamatan, dimana satu Desa mendapatkan 500 buku untuk perpustakaan Desa.

Selain itu kata dia, adanya Sanggar Pendidikan Anak Soleh (SPAS) yang ada di setiap Desa/Kelurahan di Gowa membuat perpustakaan desa dapat difungsikan sebagaimana mestinya.

Masih di tahun yang sama Gowa  mendapat 12 Rak Buku dan juga Komputer. Bantuan tersebut kata Taslim buah dari koordinasi yang baik.(*)

Editor : Bahar Hardin

Penulis : Afrilian Cahaya Putri