Wakil Bupati Gowa Dukung Regulasi Berorientasi Lingkungan

Senin, 06 Juni 2022 20:59

GOWA,REWAKO.ID – Konferensi Stockholm telah meletakkan dasar pengaturan global mengenai perlindungan lingkungan dan dalam hubungan pembangunan dengan alam dan manusia.

Upacara Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Ke-50 Tingkat Gowa 2022, di Lapangan Upacara Kantor Bupati Gowa, Senin (6/6), Wakil Bupati Gowa, H. Abd Rauf Malaganni mendorong agar seluruh arah kebijakan yang ada dapat berorientasi pada pelestarian lingkungan.

“Only One Earth sebagai tema Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun ini menyimpan makna mendalam bahwa tempat kita beraktivitas setiap hari adalah bagian yang tidak terpisahkan dari tempat lainnya di bumi. Oleh karenanya cara kita memperlakukan tanah, air, dan udara tempat kita hidup akan senantiasa mempengaruhi siklus kehidupan di tempat lainnya, sehingga tema ini sudah seharusnya menjadi gerakan kolektif seluruh masyarakat dunia,” terangnya.

Tema Only One Earth pada tahun 2022 ini adalah tema yang sama dengan tema Konferensi Stockholm pada 1972.

“Peringatan Hari Lingkungan Hidup tahun ini menjadi momen penting untuk terus menumbuhkan, meningkatkan kesadaran dan kepedulian untuk terus memperbaiki dalam perilaku adil terhadap lingkungan,” tambahnya.

Upacara Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia ini juga dirangkaikan dengan penyerahan Anugerah Sekolah Adiwiyata Tingkat Kabupaten Gowa Tahun 2021 sebanyak 10 sekolah.

“Kita patut berbangga karena masyarakat hari ini sudah banyak yang sadar lingkungan. Tahun lalu kita menerima penghargaan Kalpataru dan Nirwasita Tantra dari pemerintah pusat. Ini harus dipertahankan dan lebih ditingkatkan lagi,” kata Wakil Bupati Gowa 2 periode ini.

Adapun rangkaian kegiatan Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia di Kabupaten Gowa di antaranya penanaman pohon di sejumlah wilayah Kabupaten Gowa bekerjasama dengan Kodim 1409/Gowa.

“Penanaman ini dalam rangka peremajaan pohon yang dilakukan mulai dari batas Gowa-Makassar sampai kepada batas Gowa-Takalar. Jadi, sepanjang Jalan Sultan Hasanuddin Jalan poros Pallangga sampai ke Bontonompo dan batas Takalar,” tutur Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Gowa, Azhari Azis saat ditemui usai kegiatan.

Menurutnya, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Gowa juga sedang intens melakukan pembinaan masyarakat, termasuk kegiatan Proklim, serta giat Adiwiyata pada sekolah – sekolah di wilayah Kabupaten Gowa.

“Alhamdulillah tahun ini ada 10 yang diberi penghargaan, kemudian ada 1 yang lolos ke tingkat nasional dan menjadi juara nasional juga. Insya Allah sekolah – sekolah lain akan menyusul,” pungkasnya.

Turut hadir pada kegiatan peringatan ini, Sekretaris Daerah Gowa, Kamsina serta Kepala SKPD lingkup Pemerintah Kabupaten Gowa. (*)

Editor : Bahar Hardin