Begini Harapan Warga Tana Karaeng Terhadap Program TMMD 

Rabu, 03 Maret 2021 18:49

GOWA,REWAKO.ID – TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) 2021 kembali digelar di Gowa tahun ini. Program ke-110 yang dihelat ini merupakan ketiga kalinya.

Lokasi TMMD ini dilakukan di Dusun Tana Karaeng, Desa Tana Karaeng, Kecamatan Manuju, Gowa. Disana para Tim Satgas TMMD yang berjumlah 150 orang ini terdiri dari TNI angkatan Darat, dalam hal ini Kodim 1409.

Dari Divisi Infanteri 3 Kostrad, Batalyon 726, Batalyon Zeni Tempur (Zipur) 8, kemudian dari TNI Angkatan Laut (AL), Personil Polres Bone, kemudian dari TNI Angkatan Udara (AU).

Kepala Desa Tana Karaeng, Sampara saat ditemui pasca kunjungan Danrem 141/Toddopuli pada Rabu (2/3) kemarin mengatakan, jika dengan hadirnya program TMMD di Desanya mampu membantu akses Jalan Tani yang diimpikan warganya.

“Saya selaku kepala desa dan masyarakat merasa bangga dan saya cukup bahagia dgn adanya TMMD. Mengingat, akses disana ini luar biasa. Mereka mengambil hasil bumi kadang pakai Kuda. Kadang juga pakai trail, dan kadang juga dipikul saat menyeberangi sungai, karena akses jalannya memang harus menyeberangi sungai,” kata Sampara.

Selain itu, Sampara juga menuturkan, di Desa Tana Karaeng, terdapat tiga dusun, diantaranya, Dusun Tana Karaeng, Dusun Manyampa, Dusun Bilampang. Dengan masing-masing dusun dihuni kurang lebih 200 Kepala Keluarga.

“Nanti warga kami yang kurang lebih 100 KK yang terkena dampak pembangunan Bendungan Je’nelata ini kemungkinan besar akan pindah kesini. Karena mereka tidak ingin jauh-jauh kasian,” tutur Sampara.

Dengan demikian, adanya TMMD ini masyarakat Desa Tana Karaeng yang sebagian besar adalah Petani dengan Komoditi unggulannya jagung,
dapat menikmati akses Jalan Tani yang dibangun nantinya.

Diketahui, lokasi TMMD tahun ini berada di Desa Tana Karaeng, Kecamatan Manuju, Gowa. Desa ini berbatasan langsung dengan Kabupaten Takalar, dan Kabupaten Bungaya.

Sementara itu, Danrem 141/Toddopuli, Brigjen TNI Djashar Djamil menjelaskan makna dari TMMD ini. Kata dia, TMMD adalah program yang dibuat untuk membantu Pemda mewujudkan kesejahteraan masyarakat, mendorong pembangunan di daerah, dan juga dalam rangka mewujudkan kemanunggalan TNI dan Rakyat.

“Makna TMMD membantu pemerintah daerah untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat, mendorong pembangunan di daerah, dan juga dalam rangka mewujudkan kemanunggalan TNI dan Rakyat. Selain itu program ini adalah membangun kebersamaan TNI Polri dengan masyarakat,” terang Danrem 141/Toddopuli.(*)

Editor : Bahar Hardin

Penulis : Afrilian Cahaya Putri