Bendungan Karalloe Gowa Bakal Mengairi 7 Ribu Ha Lahan di Jeneponto

Selasa, 23 November 2021 15:06

GOWA,REWAKO.ID – Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo meresmikan bendungan Karalloe yang terletak di Gowa, Selasa (23/11/2021).

Sejumlah kepala daerah dan pejabat pemerintah pusat hadir mendampingi Jokowi. Pada kesempatan itu, Jokowi mengungkap bahwa pembangunan bendungan karalloe menghabiskan anggaran Rp1,27 Triliun.

“Alhamdulillah bendungan Karalloe yang dibangun menghabiskan anggaran 1,27 Trilun, hari ini Alhamdulillah telah selesai dan siap untuk kita resmikan,” ucap Jokowi sesaat sebelum peresmian secara simbolis dimulai.

Dia mengungkapkan, bendungan ini nantinya akan bisa mengairi lahan pertanian seluas 7.000 hektare yang ada di Jeneponto. Dikungkapkan juga, meski bendungannya terletak di Gowa namun yang mendapatkan manfaat adalah para petani berada di Jeneponto.

“7.000 hektare, sebuah luasan yang sangat besar sekali. Sehingga dengan adanya bendungan Karalloe ini petani yang sebelumnya panen padi sekali, palawija sekali, nanti Insya Allah bisa dua kali panen padi dan sekali palwija,” ungkapnya.

Dengan adanya bendungan tersebut, Jokowi berharap bisa meningkatkan hasil produksi pertanian di Sulawesi Selatan, khususnya di Jeneponto. Tidak hanya itu, dia menuturkan secara otomatis akan meningkatkan pendapatan para petani, begitupun dengan meningkatkan kesejahteraan petani.

“Sehingga ini bisa meningkatkan pendapatan, inkam dan kesejahteraan bagi para petani. Bendungan ini juga akan mengurangi banjir, terutama yang ada di Jeneponto, sebesar 49 persen,” ucapnya.(*)

Editor : Bahar Hardin

Penulis : Afrilian Cahaya Putri