Delapan Tahun Kepemimpinan AdnanKio: Realisasikan Janji hingga Kepuasan Rakyat Terhadap Kinerja 86,86 % 

Senin, 26 Februari 2024 23:00

GOWA,REWAKO.ID – Selama delapan tahun kepemimpinan Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan, dan Wakil Bupati Gowa, Abdul Rauf Malaganni, telah melalui perjalanan yang sarat dengan pencapaian positif. Hasil survei Lembaga Survei Indonesia (LSI) merilis hasil evaluasi tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja pemerintah daerah tersebut, yang menunjukkan angka tinggi sebesar 86,86%.

Manajer Strategi LSI, Astariadi Kurniawan, menyoroti perjalanan penuh pencapaian dan dedikasi selama delapan tahun tersebut. Dia menyatakan bahwa pemerintah Kabupaten Gowa telah konsisten berkomitmen untuk mewujudkan perubahan positif sesuai dengan janji-janjinya.

“Dalam berbagai bidang seperti pendidikan, kesehatan, tata kelola pemerintahan, infrastruktur, keagamaan, pariwisata, dan UMKM, masyarakat memberikan apresiasi yang tinggi terhadap kebijakan dan upaya pemerintah,” kata Astariadi, disela-sela dzikir dan doa bersama dalam peringatan delapan tahun kepemimpinan bupati dan wabup Gowa  di Masjid Agung Syekh Yusuf, Senin 26 Februari 2024.

Penting untuk dicatat bahwa tingkat kepuasan masyarakat ini diukur melalui survei yang melibatkan 1.540 responden dari 18 kecamatan se-Kabupaten Gowa. Sampel yang cukup besar ini dianggap sangat representatif.

Terutama jika dibandingkan dengan standar survei di tingkat kabupaten yang biasanya hanya melibatkan 440 responden. Survei ini dirancang untuk mengukur keakuratan dari kesuksesan lima program prioritas yang telah dijalankan oleh bupati dan wakil bupati.

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan mengatakan, delapan tahun kepemimpinannya bersama Wakil Bupati Abdul Rauf Malaganni tidaklah singkat. Mereka menghadapi dinamika suka duka, terutama di tahun 2020, 2021, dan 2022, di mana seluruh Indonesia dilanda pandemi Covid-19.

“Meskipun sulit, Bupati menyatakan bahwa masa-masa tersebut dapat diatasi karena adanya kolaborasi dengan berbagai pihak, termasuk stakeholder dan jajaran Pemkab Gowa yang luar biasa,” katanya.

Selain pencapaian dalam penanganan pandemi, Bupati juga menekankan keharmonisan yang berhasil dibangun di Kabupaten Gowa, didasarkan pada prinsip kekeluargaan.

“Dukungan dan kerjasama seluruh jajaran Pemkab Gowa telah membuahkan hasil, terbukti dengan meraih 213 penghargaan dari tingkat provinsi hingga tingkat internasional,”katanya.

Menyadari bahwa tahun ini merupakan tahun terakhir masa jabatannya bersama Wakil Bupati Gowa, Bupati Adnan menyampaikan komitmen untuk menuntaskan janji-janji yang diucapkan pada tahun 2020. Harapannya, dengan menyelesaikan berbagai janji tersebut, Gowa akan semakin baik dan masyarakatnya lebih sejahtera di masa yang akan datang.

Janji yang berhasil ditunaikan mencakup pembangunan kantor baru Dinas Pendidikan, mendirikan mal pelayanan publik, dan menyelesaikan sejumlah proyek strategis lainnya yang memberikan manfaat langsung kepada masyarakat Gowa.

Dalam refleksi 8 tahun kepemimpinan mereka, pencapaian ini menjadi bukti konkret dari komitmen penuh AdnanKio dalam membawa perubahan positif kepada rakyat Gowa. Pembangunan infrastruktur penting seperti kantor Dinas Pendidikan dan mal pelayanan publik mencerminkan upaya mereka untuk meningkatkan layanan kepada masyarakat.

Dengan berhasilnya merealisasikan sejumlah proyek strategis yang bermanfaat, AdnanKio terus membuktikan kesungguhan mereka dalam memajukan Gowa.

Pada akhir masa jabatan ini, langkah-langkah positif ini menjadi bagian penting dari warisan kepemimpinan mereka, menciptakan dampak yang nyata dan positif dalam pembangunan dan kesejahteraan masyarakat setempat.(*)

Editor : Bang Har