Gandeng USAID, Diskominfo-SP Gowa Gelar FGD Revitalisasi Peran Sahabat LAPOR!

Minggu, 18 Februari 2024 14:39

GOWA,REWAKO.ID – Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (Diskominfo-SP) Gowa bekerjasama dengan USAID Erat menggelar Fokus Group Discussion (FGD) Revitalisasi Peran dan Fungsi Sahabat LAPOR!, di Best Western Hotel Makassar, Senin (19/2).

Kepala Dinas Diskominfo Gowa, Arifudin Saeni mengatakan, tujuan diadakannya FGD ini adalah untuk membahas urgensi, masalah dan tantangan Sahabat LAPOR! Gowa dalam mendorong peningkatan layanan publik.

“Dalam FGD ini juga membahas revitalisasi peran, fungsi dan mekanisme kerja Sahabat LAPOR! untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pelayanan publik,” kata Arifuddin Saeni.

Dia mengatakan, pelayanan publik yang berkualitas bukan hanya menjadi jaminan pemenuhan hak warga melainkan juga merupakan strategi penting dalam membangun kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah.

“Kami menyadari bahwa dalam upaya mewujudkan pemerintahan yang baik dan berorientasi pada pelayanan publik yang prima partisipasi aktif masyarakat menjadi kunci utama, oleh karena itu keberadaan Sahabat LAPOR! di Gowa memiliki peran yang strategis,” tuturnya.

Asisten Bidang Administrasi Umum Sekretariat Pemkab Gowa, Firman Djamaluddin mengatakan, dengan melibatkan Sahabat LAPOR! , diharapkan dapat merancang strategi yang lebih efektif dan efisien dalam mengumpulkan, menganalisis dan memanfaatkan data pengaduan masyarakat.

“Pengawasan pelayanan publik melalui SP4N- LAPOR! juga dapat mencegah terjadinya tindak korupsi meningkatkan kualitas pelayanan dan mengurangi potensi konflik sehingga membantu terciptanya rasa aman di tengah-tengah masyarakat,” ujarnya.

Diakui Firman masih ada permasalahan pengelolaan pengaduan pelayanan publik Melalui aplikasi SP4N-LAPOR! di Kabupaten Gowa seperti, aplikasi SP4N-LAPOR! masih belum banyak diketahui dan diakses oleh masyarakat sebagai media penyampaian pengaduan serta belum menyeluruh wilayah Kabupaten Gowa yang terhubung dengan internet.

“Dengan adanya masalah di atas maka muncul gagasan untuk membentuk jaringan atau agen di setiap wilayah kecamatan dengan mereka perwakilan warga yang berasal dari unsur pemuda yang mempunyai kompetensi penggunaan teknologi informasi dan kepedulian terhadap pelayanan publik yang disebut sebagai Sahabat LAPOR!,” pungkasnya.

Kegiatan ini dihadiri 20 peserta yang terdiri dari perwakilan instansi terkait, perwakilan kecamatan hingga turut pula dihadiri Kepala Bappeda Gowa, Sujjadan.(*)

Editor : Bang Har



TERPOPULER