Program RTK Plus, Dinkes Gowa Dapat Bantuan Sarana dan Prasarana Kesehatan

Senin, 11 Oktober 2021 16:30

GOWA,REWAKO.ID – Demi kelancaran Pilot Program Rumah Tunggu Kelahiran Plus (RTK+) Gowa, Dinas Kesehatan (Dinkes) akan menerima bantuan prasarana kesehatan.

Terkait fasilitas, pihaknya akan menerima bantuan berupa sarana dan prasarana kesehatan seperti tempat tidur bersalin, Meja, pendingin, termasuk perlengkapan elektroniknya.

dr Hasanuddin juga mengatakan, prasarana kesehatan dibutuhkan untuk menunjang fungsi dari RTK Plus, menurutnya, RTK hadir sebagai stabilisasi pasien melahirkan sebelum di rujuk.

“Kita pantau dulu tanda-tanda sebelum melahirkan, baru kita bawa ke RS,” ujarnya.

Sementara, Kepala Pusat Pembiayaan dan Jaminan Kesehatan Kementerian Kesehatan (PPJK), Ibu Dr Kalsum Komaryani mengatakan, Rumah tunggu kelahiran plus (RTK+) adalah fasilitas penting di Gowa.

Mengingat tantangan geografis di kabupaten ini, ibu hamil terutama yang tinggal di daerah terpencil sulit mengakses fasilitas Kesehatan karenanya Gowa adalah salah satu kabupaten di Sulawesi Selatan yang memiliki tantangan dalam menurunkan angka kematian ibu.

“RTK+ ini adalah fasilitas yang aman bagi ibu hamil dengan persalinan berisiko tinggi untuk singgah sementara, sambil mereka menunggu saat persalinan. Lokasi RTK+ yang terletak di Ibu kota Kabupaten memudahkan Ibu Hamil untuk akses RSUD Gowa.

Di RTK+ tersebut Ibu Hamil mendapatkan akses pelayanan, perawatan dan persiapan yang tepat dan lebih baik sebelum persalinan,” pungkasnya.(*)

Editor : Bahar Hardin

Penulis : Afrilian Cahaya Putri