Terkait Ibadah Umrah, Kasi PHU Kemenag Gowa Tunggu Surat Resmi

Selasa, 12 Oktober 2021 23:11

GOWA,REWAKO.ID – Pemerintah Kerajaan Arab Saudi telah resmi mengumumkan menerima jemaah Umrah asal Indonesia untuk melaksanakan ibadah Umrah tahun ini.

Persetujuan itu disampaikan langsung Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi baru-baru ini.

Menindaklanjuti itu, Direktorat Jenderal (Dirjen) Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama (Kemenag) RI telah mengeluarkan surat edaran yang ditujukan kepada para penyelenggara ibadah Umrah.

Dalam surat dengan nomor:B.II.029/DJ.II.IV/HJ.09/10/2021 tertanggal 11 Oktober 2021 tentang Persiapan Penyelenggara Ibadah Umrah (PPIU) memuat beberapa poin penting, yaitu penyelenggara mempersiapkan keberangkatan, melakukan pendataan jemaah tertunda, melaporkan data jemaah yang telah divaksinasi dosis lengkap dan siap berangkat dikesempatan pertama.

Kemudian juga melaporkan data jemaah yang melakukan pembatalan /penarikan Biaya Perjalanan Ibadah Umrah (BPIU) kepada Dirjen PHU secara tertulis melalui email: laporanumrah@kemenag.go.id atau laporanumrah@kemenag.go.

Sekaitan itu, Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Kemenag Kabupaten Gowa, H Tajuddin mengatakan, pihaknya belum menerima salinan surat yang sudah banyak beredar di media sosial.

“Sampai saat ini kita belum menerima surat resminya. Jadi ditunggu saja,” ujarmya saat dikonfirmasi, Selasa (12/10).

Meskipun demikian, kata mantan Kepala KUA Kecamatan Somba Opu ini, sudah melakukan persiapan internal.(*)

Editor : Bahar Hardin

Penulis : Muhtar Suma